Minggu, 10 Agustus 2008

Melakolik-Kolerik

Salah satu teman baik gue menuliskan di kolom 'about me'-nya melankolik-kolerik. Ini bukan semacam nama penyakit atau ras asal usul, tapi tipe kepribadian. Saat itu, gue pikir lucu juga cara dia menjelaskan ke banyak orang kalau dia itu manusia bertipe melankolik yang juga dipengaruhi kolerik. Lucu karena cuma dua kata yang mewakilinya. Di 'about me' teman-teman Friendster lainnya, nggak ada tuh yang nulis seiirit ini. Hal menarik yang kedua adalah gue manusia bertipe sama, melankolik-kolerik. Gue baru tahu ketika ikut tes kepibadian yang dibuat kantor gue setelah mengisi 4 lembar pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda. Waktu mencoba mengisinya, gue selalu berharap gue tipe orang sanguinis yang dijamin akan disukai banyak orang. Missed it thou! Dalam buku Personality Plus karangan Florence Littauer, orang melankolik-kolerik adalah perpaduan 2 kutub yang berbeda. Melakolik berarti sentimental dan emosional -- bisa diartikan juga si cengeng dan lembek, sedangkan kolerik adalah tipe pengatur, disiplin, kuat hati -- si pemimpin! Ketika sedang membaca hasilnya, gue ketawa sendiri. Hei, gue ternyata si pemimpin cengeng!

Tidak ada komentar: